Bola Lain

Jose Mourinho Disebut Sebagai Suksesor Fernando Santos di Timnas Portugal

129
×

Jose Mourinho Disebut Sebagai Suksesor Fernando Santos di Timnas Portugal

Sebarkan artikel ini

BOLASKOR.id, – Posisi Fernando Santos saat ini sebagai pelatih timnas Portugal hampir dipastikan berakhir setelah hasil minor di Piala Dunia 2022Selecao das Quinas hanya sanggup melaju sampai babak perempat final usai dikalahkan Maroko lewat skor tipis 0-1.

Dalam sesi konferesi persnya seusai laga, Santos memberikan sinyal kepada Federasi Sepak Bola Portugal (FPF) akan mundur akibat hasil menyakitkan yang didapat di Piala Dunia 2022.

Dilansir dari berbagai laporan, FPF menyasar nama pelatih AS Roma Jose Mourinho sebagai kandidat utama mereka untuk menjadi pelatih timnas Portugal selanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Mourinho adalah pelatih paling sukses di Portugal. Berbagai prestasi berhasil ia menangkan seperti delapan gelar liga, dua Liga Champions, satu Liga Europa, dan Liga Konferensi Eropa.

Bahkan, FPF mengklaim memberikan opsi unik jika pelatih berusia 59 tahun mau menerima pinangan mereka menjadi pelatih tim nasional. Opsi unik yang dimaksud adalah Mourinho diberi kewenangan melatih timnas Portugal dan juga AS Roma secara bersamaan.

Membesut Timnas Portugal dan AS Roma

Keputusan tersebut lahir disebabkan FPF diburu waktu untuk menyiapkan timnas Portugal di ajang mayor berikutnya yaitu Euro 2024.

Ajang tersebut akan dimulai pada bulan Maret tahun depan dengan Selecao das Quinas terlebih dahulu berjuang di babak kualifikasi.

Mourinho yang sebelumnya melatih Roma sejak musim lalu itu masih terikat kontrak hingga Juni 2024. Dengan situasi tersebut, praktis FPF menelurkan opsi unik dengan melatih dua tim kepadanya jika ia nanti menerima pinangan sebagai pelatih timnas Portugal.

Didukung Maniche

Mantan pemain timnas Portugal, Maniche yang pernah diasuh oleh Mourinho di FC Porto ini yakin mantan bosnya adalah orang yang tepat untuk menjadi pelatih Selecao das Quinas.

Ia juga memuji pengalaman sang mentor dan rekam jejak kesuksesannya saat dia berkiprah di level klub.

“José Mourinho masuk akal untuk posisi pelatih timnas Portugal, atas semua yang telah dia taklukkan. Dia sudah pernah ke klub terbaik di dunia, dia telah memenangkan gelar di semua itu dan dia tidak pernah melatih tim nasional,” kata Maniche.

“Dia adalah pelatih berpengalaman yang sangat siap menghadapi kesulitan karena dia tahu sepakbola kami dan sepakbola di luar negeri, dia cerdas dan tahu bagaimana menghadapi anak muda. Saya pikir dia akan menjadi opsi yang tepat.”

Pernah Disebut Fernando Santos

Santos sendiri pernah menyarankan FPF tahun lalu jika nanti ia mempunyai kandidat yang pas untuk menggantikan posisinya sebagai pelatih Portugal. Ia menyebut nama Jose Mourinho sebagai pilihan tepat untuk menggantikannya sebagai nakhoda Selecao das Quinas.

“Proyek itu berlangsung hingga 2024, dan saya berkomitmen padanya hingga saat itu. Namun setelah itu saya akan memikirkan apa yang ingin saya lakukan. Jose Mourinho akan menjadi pengganti yang baik untuk saya,” katanya pada April 2021.

Mourinho Ingin Latih Timnas Portugal

Jose Mourinho ternyata pernah mengutarakan keinginannya pada suatu saat nanti ia ingin membesut timnas Portugal. Ia ingin merasakan atmosfer turnamen seperti Piala Dunia hingga Euro.

Dengan waktu yang tersisa 18 bulan untuk menatap laga Kualifikasi Euro 2024, Mourinho mendapati peluang untuk melatih Selecao das Quinas.

“Ya, saya ingin melatih tim nasional, saya ingin memiliki pengalaman Piala Dunia dan Euro, emosi dari kompetisi yang singkat,” ujarnya pada 2020.

Sumber: Mirror (publish Editor Bolanet | 14 Desember 2022 02:10)

-

Baca berita kami di GOOGLE NEWS

Tinggalkan Balasan