Piala Asia

Usai China Kalah dari Qatar, Peluang Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023 Terbuka Lebar

113
×

Usai China Kalah dari Qatar, Peluang Timnas Indonesia ke 16 Besar Piala Asia 2023 Terbuka Lebar

Sebarkan artikel ini

BolaSkor.id – Peluang Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar makin terbuka lebar, usai Qatar mengalahkan China di matchday ketiga Grup A. Sebab saingan Timnas Garuda merebut empat tim peringkat ketiga terbaik berkurang

Seperti yang diketahui, saat ini Timnas Indonesia sedang berjuang merebut tiket ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Garuda bisa merebut tiket tersebut dengan dua cara, menjadi dua tim teratas Grup D atau menjadi empat tim peringkat ketiga terbaik.

Untuk menjadi dua tim teratas Grup D, maka Timnas Indonesia wajib menang atas Jepang di matchday ketiga yang berlangsung di Al Thumama Stadium, Doha, Qatar pada Rabu 24 Januari 2024 pukul 18.30 WIB.

Jika skenario itu tercipta, maka Timnas Indonesia akan menjadi runner-up dan menemani Irak sebagai dua tim yang langsung lolos ke babak 16 besar dari Grup D.

Kendati demikian, jika ternyata Timnas Indonesia imbang atau kalah dari Jepang, maka Garuda pun berharap lolos ke babak 16 besar melalui jalur empat peringkat ketiga terbaik. Sebab imbang atau kalah dari Jepang, akan membuat Garuda bertengger di peringkat ketiga di Grup D.

Saat ini Timnas Indonesia sedang berada di peringkat ketiga Grup D. Sebab meski sama-sama memiliki 3 poin seperti yang dimiliki Jepang di urutan kedua, Garuda menempati posisi yang lebih rendah lantaran kalah selisih gol.

Tentunya jika finis sebagai peringkat ketiga di Grup D, nasib Timnas Indonesia untuk ke babak 16 besar pun bergantung dengan hasil tim dari grup lainnya. Kabar baiknya, Garuda sejauh ini sudah masuk ke dalam empat peringkat ketiga terbaik di fase grup Piala Asia 2023.

Timnas Indonesia bahkan bisa memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023 Qatar melalui jalur peringkat ketiga terbaik itu tanpa harus memainkan laga melawan Jepang pada Rabu nanti. Sebab ada potensi perwakilan dari Grup A sampai Grup C ada yang gagal mengirim wakilnya ke empat peringkat ketiga terbaik.

Seperti halnya di Grup A, andai Qatar menang melawan China di matchday ketiga yang berlangsung hari ini, maka dapat dipastikan dari grup tersebut takkan memiliki perwakilan di klasemen peringkat ketiga yang lebih baik dari Timnas Indonesia.

Sebab andai China kalah dan di laga Grup A lainnya ada yang menang, maka Negeri Tirai Bambu itu akan menempati posisi ketiga dengan 2 poin saja. Timnas Indonesia sendiri sudah mengoleksi 3 poin, itu berarti dalam klasemen peringkat ketiga Garuda akan berada di atas China.

Lantas bagaimana jika laga Grup A lainnya antara Tajikistan vs Lebanon berakhir imbang? maka kedua tim tersebut juga memiliki maksimal 2 poin saja. Jadi, andai Qatar menang atas China, maka siapapun perwakilan peringkat ketiga dari Grup A pasti tidak lebih baik dari Timnas Indonesia.

Hal itu jelas menjadi hal yang baik karena saingan Timnas Indonesia dalam merebut tiket 16 besar melalui jalur empat peringkat ketiga terbaik akan semakin berkurang.

Baca berita kami di GOOGLE NEWS

-

Tinggalkan Balasan