Liga Inggris

Sejarah Seputar Berdirinya Liga Inggris atau Liga Premier Inggris (EPL)

119
×

Sejarah Seputar Berdirinya Liga Inggris atau Liga Premier Inggris (EPL)

Sebarkan artikel ini

BolaSkor.idPremier League Inggris, sering disebut sebagai Liga Premier Inggris (EPL) berdiri sebagai salah satu liga sepakbola domestik paling ikonik dan bergengsi di dunia.

Liga Inggris didirikan pada tahun 1992 ketika klub-klub top di Inggris memisahkan diri dari Football League, Liga Premier Inggris telah menjadi raksasa dalam permainan yang indah.

Kompetisi ini, yang menampilkan tiga tim terdegradasi dan tiga tim lainnya promosi setiap musim, menampilkan total 20 tim, dengan tim seperti Manchester United, Manchester City, Chelsea, Arsenal, dan Liverpool mendominasi kompetisi tersebut.

Liga Premier mengikuti format double round-robin, dengan masing-masing klub memainkan total 38 pertandingan sepanjang musim – 19 di kandang dan 19 tandang – menghasilkan kompetisi yang mendebarkan dan intens yang biasanya berlangsung dari Agustus hingga Mei.

Liga Inggris juga menampilkan beberapa manajer ikonik seperti Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger, Jose Mourinho, dan Pep Guardiola, dengan Ferguson membimbing Setan Merah meraih delapan dari 11 gelar pertama.

Pertandingan disiarkan di lebih dari 200 negara, menjadikannya salah satu liga olahraga yang paling banyak ditonton di seluruh dunia. Aksesibilitasnya ke pemirsa internasional juga menarik basis penggemar yang beragam.

Secara finansial, Liga Inggris adalah salah satu liga sepakbola terkaya, dengan kesepakatan televisi, sponsorship, dan kemitraan komersial yang menguntungkan, memungkinkan klub untuk menarik dan mempertahankan talenta terbaik dari seluruh dunia.

Sejarah penyiaran Liga Inggris telah mengalami transformasi signifikan sejak awal berdirinya pada tahun 1992, keputusan untuk memberikan hak siar kepada Sky menandai momen penting yang membuka jalan bagi kesuksesan finansial liga.

Awalnya, televisi berbayar relatif belum teruji di pasar Inggris, dan membebankan biaya kepada penggemar untuk menonton siaran langsung sepakbola di televisi adalah hal baru. Namun, Sky, dengan bantuan kualitas liga yang cemerlang, berkontribusi pada peningkatan nilai hak siar TV yang luar biasa.

Pendapatan dari hak siar luar negeri didistribusikan secara merata kepada 20 klub. Lanskap pertelevisian semakin berkembang dengan masuknya pendatang baru seperti Setanta Sports, dan total pendapatan dari kesepakatan ini melampaui £2,7 miliar pada saat itu, yang sangat menguntungkan klub-klub Liga Premier Inggris.

Secara internasional, Liga Premier Inggris telah memperluas jangkauannya secara eksponensial. Sepanjang sejarahnya, kompetisi papan atas Inggris telah muncul di layar beberapa stasiun penyiaran terbesar di dunia, termasuk Fox Sports dan NBC Sports di AS, SuperSport di wilayah sub-Sahara, dan beIN Sports di MENA ( Timur Tengah dan Afrika Utara).

Di AS, ESPN2 memiliki dua periode penayangan pertandingan Liga Premier Inggris yang terpisah, pertama antara tahun 1996 dan 1998 dan kemudian lagi dari tahun 2009 hingga 2013. Sebaliknya, Fox Soccer menayangkan pertandingan Liga Premier dari tahun 1998 hingga 2013.

Pada tahun 2013, NBC Sports mengambil alih hak atas Liga Premier Inggris, menekankan pendekatan non-Amerikanisasi dan merekrut talenta berpengetahuan. Mereka memperkenalkan beberapa program studio dan bahkan mendapatkan haknya hingga akhir musim 2027-28.

Popularitas liga papan atas Inggris telah berkembang pesat selama bertahun-tahun, dengan salah satu faktor besarnya adalah diperkenalkannya opsi streaming langsung, yaitu Peacock. Layanan streaming NBC mulai menawarkan sejumlah pertandingan Liga Inggris secara eksklusif di platform ini, terutama pada musim 2020 dan 2021.

Selain itu, jaringan NBCUniversal berbahasa Spanyol Telemundo dan Universo telah berperan dalam menghadirkan liputan langsung kompetisi ini ke khalayak yang lebih luas di AS.

sumber livesoccertv.com

Baca berita kami di GOOGLE NEWS

-

Tinggalkan Balasan